Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 02 No. 02, Maret 2018 ISSN: 2528-2190 PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN USAHA BAGI KOMUNITAS KULINER SEHATI Viola De Yusa viola.d.yusa@gmail.com Ana Risqa JL anarisqajl@yahoo.com INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA ABSTRAK Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menambah dan mngembangkan pengetahuan tentang pemanfaatan media online sebagai sarana pengembangan usaha bagi komunitas Kuliner Sehati agar bisa mewujudkan ke arah yang lebih mandiri secara ekonomi dan mampu bersaing secara unggul dalam dunia usaha, maka tim memberikan materi dan pelatihan tentang pengembangan usaha melalui media online. Hasil dari pengabdian pada masyarakat yang telah dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan metode diskusi. Metode ceramah kegiatan terdiri dari penyampaian materi tentang pemasaran secara online, pemahaman terhadap media online, serta trik dan tips dalam usaha menggunakan media online seperti instagram, Facebook dan lain-lain. Metode diskusi kegiatan yang dilakukan sistem tanya jawab terhadap komunitas serta praktek dalam membuat akun Instagram untuk mempromosi usahanya. Berdasarkan hasil pengabdian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pelatihan ini maka menjadi wadah bagi komunitas Kuliner Sehati yang ingin mengekspresikan hobby dan kecintaannya tentang semua hal berhubungan dengan makanan dan kuliner menjadi awal dari terbentuknya usaha. Kata kunci: Pemasaran Online, Media Online, Komunitas Kuliner Sehati. ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 1. PENDAHULUAN Namun, belum banyak pengelola usaha yang dapat memperluas dan mencapai Kesuksesan yang dicapai suatu usaha atau pangsa pasar yang baru. Keterbatasan bisnis bisa dilihat dari pangsa pasar yang kemampuan dan modal yang dimiliki, serta dimiliki. Semakin luas area cakupan SDM menjadi salah satu kendala yang pemasaran produk, kesempatan untuk dihadapi. mendapatkan keuntungan semakin besar dan permintaan produk juga akan terus Masalah dalam pemasaran sebenarnya mengalir. Jika hal ini bisa tercapai, maka bisa diatasi dengan pemanfaatan media suatu usaha atau bisnis dapat bertahan online yang ada dan saat ini banyak dalam persaingan dan keberlangsungan digunakan oleh masyarakat, misalnya media usaha juga terjamin. jejaring sosial, seperti Blackberry Massenger, Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter, Path, Olx, Tokopedia, 217 Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 02 No. 02, Maret 2018 ISSN: 2528-2190 Shopee, dan bahkan bisa membuat website. pemuda pemudi yang memiliki kecintaan Kemudahan dalam pengaksesan media terhadap semua hal yang berhubungan jejaring sosial menjadi peluang bagi dengan kuliner. Komunitas ini memiliki pengelola usaha untuk memanfaatkanya anggota dari kalangan generasi Mahasiswa, sebagai media pemasaran baru. yang berdomisili di seputar wilayah Bandar Lampung. Komunitas Kuliner Sehati Perkembangan internet saat ini adalah menjadi wadah bagi mereka yang ingin sangat pesat dimana hampir semua mengekspresikan hobi dan kecintaannya informasi akan sangat mudah diperoleh. tentang semua hal berhubungan dengan Internet saat ini tidak hanya digunakan makanan dan kuliner. sebagai sumber informasi tetapi juga sebagai sarana komunikasi vital yang sangat Sebagai salah satu komunitas yang dibutuhkan di berbagai Usaha. Bisnis beranggotan para pemuda dan pemudi melalui internet adalah salah satu trend berusia produktif tentunya komunitas bisnis yang berkembang saat ini. Dengan Kuliner Sehati juga memiliki andil sebagai melakukan bisnis via internet (bisnis online) generasi penggerak perekonomian bangsa. maka akan memperluas pangsa pasar tidak Akan tetapi mayoritas dari anggota hanya ketergantungan terhadap area komunitas Kuliner Sehati masuk ke dalam penjualan seperti bisnis konvensional pemuda pemudi kategori yang memiliki dengan membuka lapak atau toko di suatu keterbatasan modal dan keahlian. daerah. Pangsa pasar dari bisnis online akan jauh lebih luas karena orang-orang di Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan seluruh indonesia bahkan di dunia dapat sebelumnya, perlu diadakan pengenalan mengakses internet sehingga produk yang cara berpromosi usaha melalui media ditawarkan via internet akan jauh lebih online. Dengan diadakannya pelatihan mudah dan lebih laris. pemanfaatan media online untuk sarana pengembangan usaha tersebut diharapkan Belum banyak pengelola suatu usaha atau akan mampu memberikan bekal bisnis yang memanfaatkan media online pengetahuan yang memadai dan selanjutnya sebagai alat untuk memasarkan produknya dapat diimplementasikan ke dalam usaha agar lebih dikenali masyarakat. Dengan nyata sehingga pada akhirnya mampu memanfaatkan media online sebagai media membantu menyadarkan, memotivasi serta untuk memasarkan produk akan menumbuhkan ide-ide kreatif untuk dapat memberikan banyak manfaat. Manfaat memanfaatkan peluang yang ada dan ikut yang didapatkan diantaranya masyarakat serta dalam mewujudkan ekonomi dapat mengetahui produk yang ditawarkan Indonesia yang lebih kuat di masa dengan mudah, bagi calon pembeli dapat mendatang. melakukan perbandingan dengan produk lain sebelum melakukan transaksi Bagi kalangan usaha kuliner, menggunakan pembelian, peluncuran atau promosi dan menjadi bagian dari komunitas dalam produk baru bisa dilakukan seefektif media online sudah menjadi kebutuhan mungkin,meminimalkan biaya promosi, dalam bersosialisasi terhadap usahanya. Hal dan jangkauan pasar atau pangsa menjadi ini sudah menjadi poin positif bagi usaha tak terbatas karena bisa diakses darimana karena mampu menjaring pertemanan saja dan oleh siapa saja. dengan banyak orang dan berusaha membangun relasi bisnis dengannya. Hal Komunitas Kuliner Sehati merupakan ini bisa dimanfaatkan juga untuk komunitas pecinta makanan dan kumpulan mengenalkan dan menawarkan produk dari beberapa pengusaha pemula bisnis usaha yang akan dijual. Namun, belum kuliner di Provinsi Lampung yang berisikan banyak pengusaha kuliner yang bisa 218 Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 02 No. 02, Maret 2018 ISSN: 2528-2190 mengelola media online-nya sebagai sarana dan inovatif ,rencana bisnis, keterampilan untuk pemasaran produk, sehingga pemuda menjual dan bernegosiasi. dan pemudi yang tergolong dalam komunitas Kuliner Sehati perlu diberikan Metode ceramah materi dilakukan selama pengarahan tentang cara-cara pemanfaatan 60 menit terhadap pengenalan media online media online untuk memasarkan produknya. untuk pemasaran usahanya. Langkah 2 (Metode Diskusi) Berdasarkan uraian sebelumnya, dapat diidentifikasi urgensi permasalahan prioritas Peserta diberi fasilitas untuk melaksanakan sebagai berikut: ketatnya persaingan usaha diskusi agar dapat memanfaatkan dan membuat pengelola harus mampu mengetahui media pemasaran secara online memanfaatkan media- media online baru dan cara mengoperasikan media online sebagai alat pemasaran agar produknya bisa tersebut. Metode diskusi dilakukan selama 1 dikenal oleh masyarakat. jam. 2. METODE PELAKSANAAN Metode Pelaksanaa yang dilakukan dalam Mitra dalam pengabdian ini adalah kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan. Komunitas Kuliner Sehati merupakan Dalam pelatihan dilakukan sebagai berikut: komunitas pecinta kuliner dan pemula yang terjun ke usaha kuliner di Provinsi Lampung beralamat dijalan Wahidin Sudiro Husodo Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Pengajaran Teluk Betung Utasa Bandar dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 09 lampung. Terdiri dari pemuda pemudi yang November 2016. di lakukan di Institut memiliki kecintaan terhadap semua hal yang Informatika Bisnis Darmajaya Lantai 2 berhubungan dengan kuliner. Komunitas ini Gedung G 1.1 beralamat di Jalan Zainal memiliki anggota dari beberapa Mahasiswa Abidin Pagar Alam No 93 Bandar Lampung. yang berdomisili di seputar wilayah Bandar Lampung. Komunitas Kuliner Sehati Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan menjadi wadah bagi mereka yang ingin menggunakan metode ceramah, dan diskusi. mengekspresikan hobi dan kecintaannya Adapun sistematika pelaksanaan tentang semua hal berhubungan dengan pengabdian ini adalah sebagai berikut: makanan dan kuliner. Langkah 1 (Metode Ceramah) 3. HASIL DAN LUARAN Peserta diberikan wawasan dan motivasi 3.1 Hasil mengenai pentingnya mengubah pola pikir pemasaran yang terdahulu dengan Pelatihan di hadiri oleh 10 orang peserta pemasaran yang modern saat ini lebih yang merupakan anggota dari komunitas menggunakan media online, serta diberikan Kuliner Sehati, peserta didominasi oleh pemahaman tentang promosi usaha kuliner anggota komunitas yang merupakan melalui media online seperti Blackberry mahasiswa dari berbagai kalangan di Bandar Massanger, Whatsapp, Path, Instagram, Lampung. Acara Pengabdian Kepada OLX, Tokopedia, Shoppe dan masih banyak Masyarakat dengan judul “Pelatihan lainnya sehingga produk mereka bisa lebih Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana dikenal orang seluruh Indonesia bahkan Pengembangan Usaha Bagi Komunitas mancanegara bukan hanya diwilayah Kuliner Sehati”. Pelatihan ini diisi dengan 2 setempat saja meliputi materi berfikir kreatif materi. Materi pertama yaitu pengenalan pemasaran online dan materi kedua tentang 219 Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 02 No. 02, Maret 2018 ISSN: 2528-2190 cara mempromosikan akun Instagram untuk kita. Peserta begitu antusias dengan materi jualan online. yang disampaikan dan berusaha menggali potensi dan peluang yang ada disekitar Pembahasan di materi pertama lebih mereka. Para peserta juga sangat tertarik dan dikenalkan arti dari pemasaran online, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi perubahan pemasaran dari tradisional ke mengenai bagaimana media online menjadi pemasaran online, mengenalkan keinginan peluang bisnis dalam berpromosi. konsumen, tatacara memasarkan produk yang baik dan konsumen tertarik akan usaha Gambar 1 Peserta Antusias Dalam Mendengar Materi Materi selanjutnya setelah adalah tentang mengetahui tips dalam mengupload foto cara mempromosikan akun instagram anda usahanya agar menarik konsumen.salah untuk jualan online. Dalam penyampaian satu contoh dari media online untuk materi ini lebih menggali potensi peserta mempromosikan usaha yaitu dengan dalam memahami dari kegunaan media online untuk menjual suatu produk secara Instagram, Facebook, Twitter, website, lebih kreatif dan inovatif. Dalam blog. Pada era globalisasi saat ini, penyampaian materi ini peserta juga kebanyakan para pengusaha melakukan diharapkan dapat membedakan antara promosi usahanya melalui akun Instagram. marketing dengan selling. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah menerangkan Tips cara mempromosikan akun instagram dasar-dasar dalam melakukan bagian-bagian untuk jualan online sebagai berikut: dari promosi, dan menggali potensi peserta 1. Pemilihan gambar dan kualitas dalam melakukan penggunaan media online Permulaan yang harus diterapkan yang baik dan benar serta efektif. Peserta jika ingin menjual produk melalui cukup antusias dan mengajukan berbagai Instagram yaitu dengan Pemilihan pertanyaan tentang cara mengoperasikan foto atau gambar serta kualitasnya penggunaan media online dan fungsi nya. sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis yang tengah Anda geluti Dalam promosi usahanya lewat media tersebut. Sederhananya, semakin online, seorang pengusaha harus menarik gambar yang Anda bagikan melalui Instagram, maka hal tersebut 220 Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 02 No. 02, Maret 2018 ISSN: 2528-2190 akan memperoleh interaksi (like dan customer. Untuk itu, Anda komentar) yang banyak dari sepatutnya untuk memberikan pengguna Instagram lainnya. Itu penawaran-penawaran yang artinya, pesan Anda untuk menjual membuat follower Instagram Anda produk tersebut telah tersampaikan merasa tertarik. Misalnya, dengan dengan baik. Selanjutnya, Anda memberikan promosi khusus berupa perlu meyakinkan calon konsumen potongan harga atau bahkan gratis melalui kalimat persuasif untuk untuk produk tertentu setelah membawanya melakukan konversi. memilih produk utama. Jangan lupa 2. Usahakan rutin untuk melakukan untuk meminta customer Anda posting gambar setiap harinya. berbagi foto produk bisnis Anda Memulai usaha agar akun Instagram menggunakan hastag untuk tetap mempunyai aktivitas yang memenuhi persyaratan setiap konsisten setiap harinya, maka Anda promosi itu. Mudah bukan? Hal ini harus melakukan posting gambar bergantung pada promosi yang Anda yang baik dan kualitas yang baik. berikan sesuai dengan keadaan Hal ini dilakukan untuk memelihara bisnis Anda. Pada dasarnya, strategi jumlah follower. ini akan menghasilkan pemasaran 3. Jangan abaikan kepopuleran Hastag gratis untuk bisnis Anda. “#” 5. Sertakan profil Instagram Anda di Mungkin kita sering kali melihat jejaring sosial lain tanda “#” atau hastag pada Instagram Berbeda dengan Facebook, disertai dengan kalimat yang pencarian profil dalam Instagram mewakilinya. Ya, hal tersebut tidak begitu baik. Oleh sebab itulah, bukanlah sebuah tren sesaat yang jika akun Anda kurang dikenal dan hanya digunakan untuk hiasan saja. populer, maka tidak akan mudah Melainkan, hastag tersebut untuk mendapatkan follower baru, disertakan untuk membuat produk terkecuali jika Anda tahu nama bisnis Anda semakin dikenal. profilnya. Hal itulah yang Kategorikan semua posting Anda menyebabkan akun Instagram Anda dengan tanda pagar (#) di kolom sangat sedikit proses interaksi keterangan (caption). Jika Anda dengan pengguna lainnya. Untuk menggunakan tren frase hashtag, kelemahan ini, hubungkan profil maka hal tersebut dapat Anda secara otomatis ke Facebook, meningkatkan visibilitas konten Twitter, dan Google Plus. Dengan Anda. Buat hashtag unik untuk begitu, pengikut Anda di situs bisnis Anda dan posting secara tersebut dapat dengan mudah berkala. Dengan begitu, secara menemukan profil Instagram Anda. otomatis kategori unik memungkinkan pengguna dengan Kegiatan selanjutnya adalah diskusi tentang mudah menemukan foto produk cara menggunakan media online. Untuk bisnis Anda melalui fitur pencarian mengefektifkan diskusi peserta langsung Instagram. mempraktekkan dengan membuka media 4. Berikan promosi khusus untuk social online mereka seperti instagram usaha menarik minat mereka. Diskusi berjalan dengan lancar dan Tidak ada cara terbaik untuk mendapat antusias yang luar biasa dari promosi selain dengan memberikan peserta. Peserta dibimbing, diarahkan dan penawaran yang menarik untuk diberi contoh tentang pemasaran online follower Instagram Anda. Ingatlah, melalui media online. follower Anda merupakan calon 221 Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 02 No. 02, Maret 2018 ISSN: 2528-2190 Salah satu contoh instagram yang digunakan peserta untuk memasarkan usahanya. Gambar 2. Contoh Akun Instagram 3.2 Luaran 4. KESIMPULAN Berdasarkan materi yang sudah diberikan dan pelaksanaan pelatihan oleh tim kepada Dari kegiatan pengabdian kepada komunitas Kuliner Sehati di Bandar masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa: Lampung, maka dapat dijelaskan sebagai 1. Kegiatan pengenalan pemanfaatan berikut: pemasaran online melalui media a. Maksud dan tujuan dari pengabdian online ini dilakukan dengan metode pada masyarakat sudah tercapai. ceramah berupa motivasi, pemberian b. Permasalahan-permasalahan yang pemahaman tentang ketrampilan dihadapi oleh komunitas Kuliner menjual dalam menggunakan media Sehati sudah terpecahkan dan sudah online. ada solusinya, yaitu mitra sudah 2. Para peserta komunitas Kuliner diberikan materi dan pelatihan Sehati merupakan komunitas pecinta sesuai dengan permasalahan yang makanan dan kumpulan dari dihadapi yaitu materi pemasaran beberapa pengusaha pemula bisnis online dan materi tentang cara kuliner di Provinsi Lampung yang mempromosikan akun instagram berisikan pemuda pemudi yang anda untuk jualan online memiliki kecintaan terhadap semua c. Kegiatan pengabdian pada hal yang berhubungan dengan masyarakat sudah dilaksananakan kuliner. Komunitas ini memiliki pada mitra sesuai dengan jadual anggota dari kalangan generasi yang sudah disepakati. Mahasiswa, yang berdomisili di d. Komunitas Kuliner Sehati sudah seputar wilayah Lampung. melakukan praktek pembuatan akun Komunitas Kuliner Sehati menjadi instagram dan cara wadah bagi mereka yang ingin mempromosikannya. mengekspresikan hobby dan 222 Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 02 No. 02, Maret 2018 ISSN: 2528-2190 kecintaannya tentang semua hal berhubungan dengan makanan dan kuliner. Sehingga diperlukan suatu pelatihan yang lebih mendalam untuk meningkatkan peran aktif komunitas Kuliner Sehati dalam ikut serta mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam dunia usaha. Pelatihan yang dapat diselenggarakan misalnya pelatihan tentang pengelolaan media sosial, dan lain-lain yang berkaitan dengan promosi usaha. Sehingga akan semakin memaksimalkan pengelolaan suatu usaha dan dapat bersaing dalam menghadapi pasar global. 5. DAFTAR PUSTAKA Dewi.Ika Novita, dkk. 2014. Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Online Untuk Membangun dan Menupuk Jiwa Kewirausahaan Bagi UKM BAI. Semarang; Universitas Dian Nuswantoro Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta : Erlangga. Kotler,P., K.L. Keller .2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 2. Jakarta : Erlangga Mahendra.I Gede, dkk. 2014. Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Promosi dan Bisnis Internet Di Era Global Bagi Guru-Guru SMA Di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Bali ; Universitas Pendidikan Ganesha 223