Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2013-2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap kualitas laba. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas laba. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2019. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari 57 perusahaan, telah didapatkan 18 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, sedangkan hipotesis penelitian yang akan diuji menggunakan uji t . Hasil penelitian dengan tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa secara parsial pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh tidak terhadap kualitas laba. Nilai koefisien determinasi sebesar 4% berarti pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh sebesar 4% terhadap kualitas laba dan sisanya sebesar 94% dipengaruhi oleh faktor lainnya.