Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pt. Go-Jek Indonesia
Abstract
Gaya hidup dapat berubah seiring berubahnya zaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Salah satunya adalah kebiasaan orang yang tinggal diperkotaan di mana mereka cenderung memiliki gaya hidup yang cepat dan instan. GO-JEK merupakan salah satu alternatif transportasi online yang bisa memberikan solusi kepada masyarakat untuk mempermudah kegiatan sehari-hari khususnya yang tinggal di daerah perkotaan yang relatif memiliki gaya hidup ingin serba cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian. Responden dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 responden yang diambil secara simple random sampling. Seluruh variabel penelitian akan dirumuskan menjadi sebuah kuisioner dalam bentuk pernyataan dan menggunakan skala likert. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS yaitu Uji Analisis Regresi Sederhana dan Uji T. Hasil analisis awal yang dilakukan menunjukkan bahwa indikator yang digunakan valid untuk mengukur variabel yang ada. Hasil analisis selanjutnya bahwa kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini dapat menjelaskan 33,1% pengaruh Gaya Hidup, sedangkan 66,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa nilai T hitung > T tabel. Oleh karena itu, dapat peneliti simpulkan hipotesis pada penelitian ini yaitu “Gaya Hidup berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian”.