PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)
Abstract
Dalam penelitian ini terdapat permasalahan yang dibahas yaitu terkait dengan nilai perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai dari suatu perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif verifikatif dan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dari 16 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan alat bantu perhitungan menggunakan Economic views 12 (Eviews 12). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan profitabilitas, leverage dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Besarnya pengaruh profitabilitas, leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan pada penelitian ini sebesar 93,65% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.