PERANAN TIKTOK SEBAGAI SOSIAL MEDIA MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK LA TULIPE DI KOTA BANDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan TikTok Sebagai Sosial Media Marketing, meneliti bagaimana Keputusan Pembelian dan untuk meneliti bagaimana Pengaruh Peranan TikTok Sebagai Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Objek penelitian ini adalah Produk Kosmetik La Tulipe di Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini berukuran 100 orang yang merupakan konsumen produk kosmetik La Tulipe yang menggunakan TikTok. Rancangan untuk pengujian hipotesis yang digunakan meliputi analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, pengujian hipotesis uji f dan uji t. Secara analisis deskriptif variabel Peranan TikTok Sebagai Sosial Media Marketing didapatkan angka total sebesar 2.567 dan masuk kategori buruk. Sedangkan untuk variabel Citra Merek didapatkan angka total sebesar 1.653 dan masuk kategori kurang baik. Dan untuk variabel Keputusan Pembelian didapatkan angka total sebesar 2.262 dan masuk kategori kurang baik. Untuk hasil persamaan regresi linier berganda Y = 3.602 + 0,417 X1 + 0,737 X2 + e. Sebagai Sosial Media Marketing dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian sebesar 74,1 sebagaimana ditunjukkan oleh koefisien determinasi, sedangkan sisanya 25,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan uji hipotesis uji-t Ho ditolak dan H1 diterima, dan uji –f 138.529 secara simultan berpengaruh signifikan.