PENGARUH MODAL USAHA DAN TEKNOLOGI DIGITAL (E-COMMERCE) TERHADAP KINERJA USAHA PELAKU UMKM FOOD AND BAVERAGE DI KOTA BANDUNG TIMUR
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia pada saat ini memiliki kedudukan yang sangat penting serta strategis dalam rangka pembangunan ekonomi nasional. Dalam menjalankan usaha nya para pelaku UMKM masih memiliki hambatan dari segi modal dan penggunaan teknologi digital (e-commerce). Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Modal Usaha dan Teknologi Digital (e-commerce) terhadap Kinerja Usaha Pelaku UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Variabel penelitiannya adalah modal usaha, teknologi digital (e-commerce) sebagai variabel bebas dan kinerja usaha sebagai variabel terikat. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu pelaku UMKM Food and Baverage di Kota Bandung Timur. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Sampel yang diambil berjumlah 45 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa modal usaha berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja usaha UMKM. Teknologi digital (e-commerce) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM.