PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI JNE (STUDI PADA MAHASISWA STIE EKUITAS BANDUNG)
Abstract
Jasa ekspedisi JNE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa kirim namun dari beberapa tahun terakhir JNE mengalami penurunan top brand dan memiliki jumlah aduan konsumen terbanyak kedua. Hal tersebut menunjukkan bahwa brand image, kualitas layanan dan kepuasan konsumen pada jasa ekspedisi JNE masih memiliki banyak kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi JNE pada mahasiswa STIE Ekuitas Bandung. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dan verifikatif. Pada penentuan tekhnik sampel penulis menggunakan tekhnik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive sumpling. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tanggapan konsumen melalui kuisioner yang diberikan kepada 100 responden yang pernah menggunakan jasa ekspedisi JNE. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda pada taraf 5% atau 0,05, serta aplikasi perangkat lunak yang digunakan dalam menganalisis data primer adalah IBM SPSS Statistik 21. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan persamaan regresi Y=1.546+0.296 X1+0.433 X2. Penelitian ini didapatkan pengaruh brand image dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 40,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Brand Image dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi JNE di Bandung.