Show simple item record

dc.contributor.authorWidiyaningsih, Putri
dc.date.accessioned2025-08-12T07:12:38Z
dc.date.available2025-08-12T07:12:38Z
dc.date.issued2025-08-12
dc.identifier.urihttp://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/2346
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk bjb KPR Gaul yang diterapkan oleh Bank bjb Kantor Cabang Buah Batu dalam menjangkau generasi milenial sebagai target pasar utama. Fokus penelitian ini mencakup skema dan prosedur pengajuan KPR Gaul, kendala serta hambatan dalam pelaksanaannya, dan strategi pemasaran berdasarkan bauran pemasaran (marketing mix) 7P yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi selama kegiatan magang di Bank bjb selama 82 hari kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skema pengajuan KPR Gaul dilakukan melalui tahapan konsultasi, pemberkasan, verifikasi, analisis kelayakan, penerbitan SP3K, hingga akad kredit dan pencairan. Kendala utama berasal dari rendahnya literasi keuangan milenial dan permasalahan skor kredit akibat pinjaman online. Strategi pemasaran yang diterapkan mencakup kerja sama dengan developer, promosi melalui media sosial dan event, serta pendekatan edukatif melalui personal selling oleh Account Officer (AO) KPR. Dari hasil studi ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran bjb KPR Gaul yang dilaksanakan Bank bjb Cabang Buah Batu telah sesuai dengan karakteristik milenial, namun masih perlu penguatan dalam hal promosi digital dan edukasi finansial. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pengembangan strategi pemasaran produk KPR lainnya di masa mendatang.en_US
dc.description.abstractPutri Widiyaningsih ; NPM : B00220007 ; Pembimbing : Dr. Asep Ghofir Ali, S.E., M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk bjb KPR Gaul yang diterapkan oleh Bank bjb Kantor Cabang Buah Batu dalam menjangkau generasi milenial sebagai target pasar utama. Fokus penelitian ini mencakup skema dan prosedur pengajuan KPR Gaul, kendala serta hambatan dalam pelaksanaannya, dan strategi pemasaran berdasarkan bauran pemasaran (marketing mix) 7P yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi selama kegiatan magang di Bank bjb selama 82 hari kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skema pengajuan KPR Gaul dilakukan melalui tahapan konsultasi, pemberkasan, verifikasi, analisis kelayakan, penerbitan SP3K, hingga akad kredit dan pencairan. Kendala utama berasal dari rendahnya literasi keuangan milenial dan permasalahan skor kredit akibat pinjaman online. Strategi pemasaran yang diterapkan mencakup kerja sama dengan developer, promosi melalui media sosial dan event, serta pendekatan edukatif melalui personal selling oleh Account Officer (AO) KPR. Dari hasil studi ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran bjb KPR Gaul yang dilaksanakan Bank bjb Cabang Buah Batu telah sesuai dengan karakteristik milenial, namun masih perlu penguatan dalam hal promosi digital dan edukasi finansial. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pengembangan strategi pemasaran produk KPR lainnya di masa mendatang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherSTIE Ekuitasen_US
dc.relation.ispartofseriesTKP;01286
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectKPRen_US
dc.subjectMilenialen_US
dc.subjectPemasaranen_US
dc.titleStrategi Pemasaran BJB KPR Gaul Di Bank BJB Kantor Cabang Buah Batuen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN9904012124
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI61406#Keuangan dan Perbankan D3
dc.identifier.nimNIMB00220007


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record