Show simple item record

dc.contributor.authorAmilia
dc.date.accessioned2025-08-12T07:43:09Z
dc.date.available2025-08-12T07:43:09Z
dc.date.issued2025-08-12
dc.identifier.urihttp://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/2349
dc.descriptionPerkembangan teknologi digital mendorong sistem pembayaran di sektor perbankan menjadi lebih modern, salah satunya melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Namun, adopsi QRIS oleh pelaku UMKM masih tergolong rendah karena berbagai kendala seperti kurang pemahaman, presepsi rumit, serta keberatan terhadap biaya MDR. Hal ini menjadi latar belakang penting dalam penelitian ini, karena hambatan tersebut dapat menghambat target inklusi keuangan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran QRIS kepada UMKM, mengidentifikasi kendala yang dihadapi bank, serta mengevaluasi solusi yang diterapkan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara dengan staf bank dan pelaku UMKM, serta praktik kerja langsung di bank bjb Kantor Cabang Buahbatu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dilakukan melalui pendekatan langsung dan kolaboratif, seperti cross-selling, edukasi personal, dan keikutsertaan dalam event UMKM. Kendala utama yaitu persepsi negatif pelaku usaha dan keterbatasan sumber daya. Solusi yang diterapkan berupa edukasi mendalam, penggabungan layanan, serta pendekatan personal yang dinilai cukup efektif meningkatkan adopsi QRIS.en_US
dc.description.abstractAmilia - NPM : B00220014 ; Pembimbing : Dr. Dodi Supriyanto, Drs, M.M, CIRBD., CRBD. Perkembangan teknologi digital mendorong sistem pembayaran di sektor perbankan menjadi lebih modern, salah satunya melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Namun, adopsi QRIS oleh pelaku UMKM masih tergolong rendah karena berbagai kendala seperti kurang pemahaman, presepsi rumit, serta keberatan terhadap biaya MDR. Hal ini menjadi latar belakang penting dalam penelitian ini, karena hambatan tersebut dapat menghambat target inklusi keuangan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran QRIS kepada UMKM, mengidentifikasi kendala yang dihadapi bank, serta mengevaluasi solusi yang diterapkan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara dengan staf bank dan pelaku UMKM, serta praktik kerja langsung di bank bjb Kantor Cabang Buahbatu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dilakukan melalui pendekatan langsung dan kolaboratif, seperti cross-selling, edukasi personal, dan keikutsertaan dalam event UMKM. Kendala utama yaitu persepsi negatif pelaku usaha dan keterbatasan sumber daya. Solusi yang diterapkan berupa edukasi mendalam, penggabungan layanan, serta pendekatan personal yang dinilai cukup efektif meningkatkan adopsi QRIS.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherSTIE Ekuitasen_US
dc.relation.ispartofseriesTKP;01289
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.subjectQRISen_US
dc.subjectUMKMen_US
dc.titleStrategi Pemasaran QRIS Kepada UMKM Bank BJB Kantor Cabang Buahbatuen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0422126503
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI61406#Keuangan dan Perbankan D3
dc.identifier.nimNIMB00220014


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record