Show simple item record

dc.contributor.authorDamayanti, Lina
dc.date.accessioned2025-10-22T08:24:47Z
dc.date.available2025-10-22T08:24:47Z
dc.date.issued2025-10-22
dc.identifier.urihttp://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/2423
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk meninjau prosedur penagihan dan penerimaan piutang pada Hotel de JAWA Bandung. Permasalahan utama yang dihadapi adalah keterlambatan pembayaran dari pihak debitur, yang menyebabkan piutang bermasalah dan berisiko menjadi kredit macet. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel telah melaksanakan prosedur penagihan dengan tahapan yang jelas, seperti pengingat sebelum jatuh tempo, penagihan melalui telepon, hingga kunjungan langsung. Proses penagihan juga didukung oleh dokumen seperti invoice, bukti penerimaan, serta surat peringatan bertahap. Dalam pemberian fasilitas kredit, digunakan form credit card dan credit confirmation letter. Namun, pencatatan dan penagihan masih ditangani oleh satu staf, sehingga diperlukan pemisahan tugas yang lebih baik, serta evaluasi kelayakan kredit yang lebih mendalam.en_US
dc.description.abstractLina Damayanti - NPM : C00220011 ; Pembimbing : Tri Widiastuty, S.E., Ak., M.Si.,CA. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau prosedur penagihan dan penerimaan piutang pada Hotel de JAWA Bandung. Permasalahan utama yang dihadapi adalah keterlambatan pembayaran dari pihak debitur, yang menyebabkan piutang bermasalah dan berisiko menjadi kredit macet. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel telah melaksanakan prosedur penagihan dengan tahapan yang jelas, seperti pengingat sebelum jatuh tempo, penagihan melalui telepon, hingga kunjungan langsung. Proses penagihan juga didukung oleh dokumen seperti invoice, bukti penerimaan, serta surat peringatan bertahap. Dalam pemberian fasilitas kredit, digunakan form credit card dan credit confirmation letter. Namun, pencatatan dan penagihan masih ditangani oleh satu staf, sehingga diperlukan pemisahan tugas yang lebih baik, serta evaluasi kelayakan kredit yang lebih mendalam.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherSTIE Ekuitasen_US
dc.relation.ispartofseriesTAK;00517
dc.subjectPenagihan Piutangen_US
dc.subjectKredit Maceten_US
dc.subjectPenerimaan Kasen_US
dc.titleTinjauan Atas Prosedur Penagihan Dan Penerimaan Piutang Pada De Java Hotel Bandungen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0407108502
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI62401#Akuntansi D3
dc.identifier.nimNIMC00220011


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record