Show simple item record

dc.contributor.authorIzdillah, Shafa
dc.date.accessioned2025-10-28T08:15:53Z
dc.date.available2025-10-28T08:15:53Z
dc.date.issued2025-10-28
dc.identifier.urihttp://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/2436
dc.descriptionPenelitian ini membahas penerapan teknologi digital banking dalam meningkatkan pelayanan nasabah pada produk bjb DIGI di Bank bjb Cabang Indramayu. Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan teknologi digital yang mendorong perbankan untuk menyediakan layanan cepat, efisien, dan mudah diakses, termasuk melalui aplikasi mobile banking. Data Bank bjb tahun 2023 menunjukkan bahwa penggunaan bjb DIGI meningkat 30% dalam satu tahun terakhir, terutama di kalangan nasabah usia 17–30 tahun. Layanan ini dimanfaatkan untuk berbagai transaksi seperti transfer, QRIS, e-wallet, dan pembayaran tagihan. Namun, tantangan tetap ada, ditandai dengan rating aplikasi di App Store sebesar 3,4/5, yang mengindikasikan masih terdapat kendala pada antarmuka pengguna dan akses digital di daerah. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner kepada 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas nasabah memberikan respon positif terhadap implementasi layanan ini, meskipun masih terdapat hambatan seperti masalah jaringan dan literasi digital. Solusi yang diusulkan meliputi peningkatan edukasi digital, penyederhanaan antarmuka aplikasi, serta penguatan infrastruktur jaringan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepuasan nasabah di wilayah dengan karakteristik seperti Indramayu.en_US
dc.description.abstractShafa Izdillah - NPM : B00220034 ; Pembimbing : Dr. Yudi Wahyudin Suwandi, SE., M.Si. Penelitian ini membahas penerapan teknologi digital banking dalam meningkatkan pelayanan nasabah pada produk bjb DIGI di Bank bjb Cabang Indramayu. Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan teknologi digital yang mendorong perbankan untuk menyediakan layanan cepat, efisien, dan mudah diakses, termasuk melalui aplikasi mobile banking. Data Bank bjb tahun 2023 menunjukkan bahwa penggunaan bjb DIGI meningkat 30% dalam satu tahun terakhir, terutama di kalangan nasabah usia 17–30 tahun. Layanan ini dimanfaatkan untuk berbagai transaksi seperti transfer, QRIS, e-wallet, dan pembayaran tagihan. Namun, tantangan tetap ada, ditandai dengan rating aplikasi di App Store sebesar 3,4/5, yang mengindikasikan masih terdapat kendala pada antarmuka pengguna dan akses digital di daerah. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner kepada 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas nasabah memberikan respon positif terhadap implementasi layanan ini, meskipun masih terdapat hambatan seperti masalah jaringan dan literasi digital. Solusi yang diusulkan meliputi peningkatan edukasi digital, penyederhanaan antarmuka aplikasi, serta penguatan infrastruktur jaringan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepuasan nasabah di wilayah dengan karakteristik seperti Indramayu.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherSTIE Ekuitasen_US
dc.relation.ispartofseriesTKP;01312
dc.subjectDigital Bankingen_US
dc.subjectBjb DIGIen_US
dc.subjectMobile Bankingen_US
dc.subjectKepuasan Nasabahen_US
dc.subjectIndramayuen_US
dc.titlePenerapan Teknologi Digital Mobile Dalam Pelayanan Nasabah Produk Digi Bank BJB Indramayuen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0402106701
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI61406#Keuangan dan Perbankan D3
dc.identifier.nimNIMB00220034


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record