Peningkatan Kemampuan Berpikir Melalui Cd Interaktif Di Tka Kibar Mauladi Bandung
Date
9/30/2017Author
Azis, Yunia Mulyani
Kuntadi, Susinah
Ropik, Dede
Metadata
Show full item recordAbstract
TK Al-Qur’an Kibar Mauladi berlokasiarjabanBandung,ditujuanJl. Su didirikan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan anak yang berlandaskan keimanan bagi anak-
anak kurang mampu. Mayoritas murid yang bersekolah di tempat ini adalah anak dengan pekerjaan orang tua sebagai pedagang kaki lima di sepanjang jalan Sukajadi. Lama bekerja yang dilakukan oleh orang tua (pagi hingga malam) berimbas pada pola pendidikan anak, dimana orangtua cenderung membiarkan anak-anaknya bermain dan belajar di pinggir jalan. Permasalahan utama yang dihadapi guru adalah guru masih sering kesulitan dalam menyampaikan materi karena siswa tidak tertarik mendengarkan penjelasan dari guru, siswa lebih suka bermain dan bergurau dengan temannya ketika guru mengajar. Sehingga diperlukan cara lain untuk menyampaikan materi agar siswa tertarik untuk belajar. Solusi yang diberikan untuk membantu TK tersebut adalah memberikan bantuan dan pelatihan penggunaan CD Interaktif kepada guru, hasil pengabdian ini diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran di kelas, sehingga anak-anak tidak merasa jenuh dan bosan ketika belajar. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah (1) guru mendapatkan pengetahuan baru tentang metode pembelajaran, (2) guru terbantu dalam mengajar dan menangani siswa yang malas belajar, (3) siswa antusias belajar melalui media CD interaktif sehingga kemampuan berpikirnya meningkat, dan (4) siswa menjadi lebih aktif dan berani mencoba serta tidak takut salah dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru.