Analisa Sikap Dan Perilaku Pada Penonton Televisi Terhadap Iklan Susu Formula
Abstract
Sikap dan perilaku konsumen terhadap suatu iklan dapat memberikan gambaran bahwa produk yang bersangkutan dapat diterima konsumen, karena iklan merupakan salah satu komponen penting pemasaran dalam menyampaikan informasi produk kepada konsumen, Iklan juga memiliki peranan penting dalam memperkuat pengaruh merek pada sikap dan perilaku konsumen.
Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Dengan responden adalah ibu rumah tangga yang memiliki anak usia balita dan pernah melihat salah satu iklan susu formula di televisi
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sikap dan perilaku konsumen penonton televisi terhadap iklan susu formula serta menganalisis variabel yang paling dominan dan berkaitan erat dengan sikap penonton televisi.
Hasil Penelitian dengan menggunakan fishbein, nilai B ~ BI positif (0,42). Sedangkan interpretasi analisa faktor dilakukan pengelompokan dalam 2 faktor, faktor pertama dinamakan faktor Cerita dan Daya Tarik, faktor kedua tediri dinamakan faktor kepercayaan.
Kesimpulan hasil analisa model sikap fishbein iklan susu formula dapat diterima dengan baik pada benak responden, Sedangkan analisa perilaku, konsumen mempunyai perilaku positif, sedangkan hasil analisa faktor ada 9 variabel dan yang direduksi 2 variabel sehingga yang dilanjutkan untuk analisa faktor hanya 7 variabel.