Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Objek Wisata Darajat Pass
Abstract
Novian Ahmad Purnama - NPM : A10140318 ; Di Bawah Bimbingan : Deni Hamdani, SE., M.Si.
Perkembangan pariwisata Indonesia yang semakin meningkat tiap tahunnya membuat para pemilik objek wisata swasta maupun nasional bersaing untuk saling mendapatkan banyak perhatian dari para pengunjung. Brand image dan kualitas pelayanan merupakan hal yang penting agar konsumen memiliki loyalitas terhadap suatu produk atau jasa. Darajat Pass merupakan salah satu objek wisata yang berada di kota Garut. Penelitian ini dilakukan mengetahui bagaimana tanggapan responden tentang brand image, kualitas pelayanan, dan loyalitas pelanggan pada Darajat Pass Garut dan mengetahui seberapa besar pengaruh brand image dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif. Dengan pemilihan sampel yaitu purposive sampling dan menghasilkan sebanyak 100 responden yang merupakan pengunjung yang sudah pernah datang ke Darajat Pass minimal sebanyak satu kali. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa brand image dan kualitas pelayaan Darajat Pass masing – masing masuk dalam kategori kurang baik. Penelitian ini menggunakan anilisis regresi linear berganda, yang dalam perhitungannya menggunakan software SPSS 18.
Berdasarkan hasil koefisien determinasi menunjukkan terjadinya pengaruh yang signifikan antara brand image (X1) dan kualitas pelayanan (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 68,9% dan 31,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kemudian berdasarkan hasil uji F SPSS 18, F(hitung) 107,582 > F(tabel) 2,70, menunjukkan bahwa brand image dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan.secara signifikan. FULLTEXT https://semawur.com/EVTKbrGCnn18