Show simple item record

dc.contributor.authorSeptiyani, Rizkita
dc.date.accessioned2016-03-12T03:00:03Z
dc.date.available2016-03-12T03:00:03Z
dc.date.issued3/12/2016
dc.identifier.urihttp://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/128
dc.descriptionRizkita Septiyani - NPM : B00100070 ; Pembimbing : Asep Ghofir Ali, SE., M.Ag.en_US
dc.description.abstractTugas Akhir ini menggambarkan hasil studi kasus penulis mengenai tinjauan terhadap sistem dan prosedur RTGS yang dilakukan pada PT bank bjb Syariah Kantor Pusat. Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan transaksi RTGS (Real Time Gross Settlement), mengetahui keunggulan, manfaat, dan keuntungan yang didapat bagi nasabah dan bank itu sendiri, serta mengetahui hambatan yang terjadi selama transaksi RTGS pada PT bank bjb Syariah Kantor Pusat. Metode studi kasus yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah metode deskriptif. Untuk pengumpulan data digunakan studi kepustakaan dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang mencakup observasi langsung dan wawancara. Berdasarkan hasil studi dalam tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa prosedur dan sistem pelaksanaan RTGS pada PT. Bank bjb Syariah Kantor Pusat dibuat sesuai dengan ketentuan umumnya yaitu SK Direksi No. 394/SK/DIR-OP&IT/2012 tanggal 31 Mei 2013 yang mengatur mengenai prosedur pengoperasian dan pembukuan transaksi (Start Up dan Log On, RTGS masuk (Incoming Transfer), RTGS keluar (Outgoing Transfer), Penyetoran Tunai dari Rekening Giro Bank Indonesia, Penarikan Tunai dari Rekening Giro Bank Indonesia, serta Proses Akhir Hari (End of Day) dan mengikuti Peraturan Bank Indonesia No. 10/6/PBI/2008 tentang Penyelenggaraan Sistem BI-RTGS. Sistem BI-RTGS juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk jasa & layanan lainnya di PT. Bank bjb Syariah misalnya karena transaksi ini bersifat real time dan dilakukan secara online. Namun, dalam pelaksanaan transaksi transfer/kiriman uang melalui sistem RTGS pada PT. Bank bjb Syariah Kantor Pusat masih terdapat beberapa hambatan atau kendala yang terjadi, baik terjadi pada pihak internal maupun eksternal bank. Hambatan-hambatan tersebut berupa kesalahan atau ketidaksesuaian data dari pihak nasabah maupun kesalahan penginputan data oleh petugas RTGS, ketidaktepatan nasabah dalam memberikan perintah, gangguan pada jaringan sistem RTGS dan kurangnya pemahaman nasabah terhadap proses mekanisme pelaksanaan transaksi melalui RTGS. FULLTEXT https://semawur.com/3nxDKi1M7en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherSTIE Ekuitasen_US
dc.relation.ispartofseriesTKP;00018
dc.subjectRTGSen_US
dc.titleTinjauan Terhadap Sistem Dan Prosedur RTGS Pada PT Bank BJB Syariah Kantor Pusaten_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record