Pengaruh Harga Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Susu Bubuk Dewasa Berkalsium Studi Pada Konsumen Di Kota Bandung
Abstract
Susu merupakan salah satu sumber gizi yang baik untuk manusia. Mengkonsumsi susu memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Namun demikian konsumsi susu di Indonesia masih tergolong rendah, termasuk pada usia dewasa meskipun tingkat pendidikan dan penghasilan cukup baik. Fenomena yang peneliti dapatkan: 1) harga susu bubuk dewasa berkalsium dianggap tidak murah 2) merek susu bubuk dewasa tidak memiliki banyak pilihan 3) pembelian susu bubuk dewasa belum dilakukan secara rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan merek terhadap keputusan pembelian susu bubuk dewasa berkalsium. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data analisis linier berganda dengan variabel harga, merek, dan keputusan pembelian secara simultan maupun secara parsial. Data primer diperoleh dengan menggunakan instrument kuesioner, yang dibagikan kepada 100 orang konsumen susu bubuk dewasa berkalsium di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan merek secara parsial berpengaruh sebesar 37,3% dan 20,6%, dan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.