Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Repurchase Intention Pada Pt. Dago Wisata Internasional Bandung
Abstract
Kualitas pelayanan dan harga paket umrah memiliki keterkiatan erat dengan minat yang timbul dari jamaan melakukan pembelian ulang. Kualitas pelayanan dan harga paket umrah dapat memberikan dorongan kepada jamaah untuk menjalin ikatan kuat dengan tour and travel selaku penyedia layananan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu diperlukan kualitas pelayanan umrah yang berkualitas serta harga yang terjangkau untuk menimbulkan minat pembelian ulang dari para jamaah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh hasil kajian mengenai pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap repurchase intention baik secara parsial maupun secara simultan pada jamaah yang telah mengetahui tentang PT. Dago Wisata Internasional Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan data primer dengan penyebaran kuisioner kepada para pelanggan pada PT. Dago Wisata Internasional Bandung dari tahun 2013-2016, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling menggunakan simple random sampling yang diperoleh sebanyak 98 jamaah sebagai sample penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa secara bersama-sama kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang (repurchase intention) dengan besaran kontribusinya sebesar 68.4%, dengan kontribusi terbesar berasal dari variabel kualitas pelayanan sebesar 61.96% dan harga sebesar 6.42%.