Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Dan Partisipasi Pengguna Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi Pada Pt Kereta Api Indonesia (Persero) Kota Bandung)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pendidikan dan pelatihan (diklat), partisipasi pengguna, kinerja sistem infomasi akuntansi, dan pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) dan partisipasi pengguna terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kota Bandung. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendidikan dan pelatihan (diklat) dan partisipasi pengguna serta variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja sistem informasi akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang digunakan berasal dari data primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan dan pelatihan (diklat) pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kota Bandung dalam kategori sangat baik, partisipasi pengguna dalam kategori baik, dan kinerja sistem informasi akuntansi pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kota Bandung termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, secara parsial pendidikan dan pelatihan (diklat) dan partisipasi pengguna berpengaruh signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Secara simultan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pendidikan dan pelatihan (diklat) dan partisipasi pengguna terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.