Dampak Digital Marketing Sosial Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Online Kimbershoes
Abstract
Toko online Kimbershoes yang berada di jalan Venus Tim. VII, Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat dan jalan Ir. H. Juanda No. 151, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat merupakan toko online yang memanfaatkan social media instagram sebagai media promosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atau dampak Social Media terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen toko online Kimbershoes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui non probability sampling yaitu purposive sampling, dilakukan dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden dengan pengolahan data menggunakan program statistik SPSS versi 21. Untuk variabel Social Media (Variabel X) termasuk dalam kategori “Cukup Baik”, dan variabel Keputusan Pembelian (Variabel Y) termasuk dalam kategori “Baik”. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dan uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh atau dampak signifikan antara Social Media (Variabel X) terhadap Keputusan Pembelian (Variabel Y) konsumen toko online Kimbershoes sebesar 73,1 %, sedangkan sisanya sebesar 26,9% lainnya merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti.