Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Dan Operating Leverage Terhadap Struktur Modal (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Tercatat Di Bei Periode 2011-2018)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan dan operating leverage terhadap struktur modal pada perusahaan telekomunikasi yang tercatat di BEI selama periode 2011-2018. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif verifikatif. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh lima perusahaan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari website resmi BEI dan website resmi masing-masing perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 9 dengan model random effect sebagai model terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap struktur modal, sedangkan operating leverage secara parsial memiliki pengaruh negatif terhadap struktur modal. Pertumbuhan penjualan dan operating leverage secara simultan memiliki pengaruh terhadap struktur modal dengan koefisien determinasi sebesar 21,4963%.