Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Samsat Kabupaten Sumedang)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pemilik kendaraan bermotor (Survey pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Sumedang). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan sampel adalah simple random sampling dengan respondennya adalah wajib pajak pemilik kendaraan bermotor sebanyak 100 responden. metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial dan simultan menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pemilik kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Kabupaten Sumedang.