PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE CANDI BOROBUDUR
Abstract
Indonesia adalah negara yang kaya akan pesonanya, banyak sekali potensi wisata yang dimiliki Indonesia yang banyak dilihat oleh kacamata Internasional. Salah satu destinasi wisata di Indonesia adalah candi borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Destinasi wisata candi borobudur sudah dikenal wisatawan domestik maupun mancanegara, karena memiliki objek wisata yang menarik dan juga salah satu keajaiban dunia. Electronic word of mouth (E-WOM) yang positif dapat memberikan kontribusi pada tingginya minat orang lain untuk mengunjungi suatu destinasi wisata, tidak terkecuali pada candi borobudur, hal ini karena electronic word of mouth memberikan pengaruh pada peningkatan citra daerah kunjungan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh hasil kajian mengenai pengaruh electronic word of mouth dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung ke candi borobudur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan data primer dengan penyebaran kuisioner kepada para wisatawan sebanyak 105 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan teknik analisis SEM (structural equation method) dengan PLS. Hasil penelitian yang didasarkan pada hasil hipotesis dengan inner model path coefficient, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung dan terdapat pengaruh yang signifikan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung ke candi borobudur.