PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE PADA KOMUNITAS IPHONESIA DI KOTA GARUT
Abstract
Produk iPhone menjadi salah satu sorotan konsumen karena produk smartphone ini berbeda dengan produk-produk smartphone lainnya. Bisa dilihat dari segi merek, desain, tampilan pada menu, model, fitur, keamanan, kamera serta baterai. Keunggulan tersebut menjadikan smartphone iPhone ini memiliki ciri khas atau diferensiasi produk dengan produk-produk lainnya. Diferensiasi produk pada smartphone iPhone ini juga diharapkan dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah komunitas iPhonesia di Kota Garut dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel diferensiasi produk pada smartphone iPhone pada komunitas iPhonesia di Kota Garut dinilai cukup oleh responden dan variabel keputusan pembelian pada smartphone iPhone pada komunitas iPhonesia di Kota Garut dinilai cukup oleh responden. Hubungan Diferensiasi Produk (X) dengan Keputusan Pembelian (Y) dimana kedua variabel memiliki hubungan positif. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis secara parsial yang menyatakan Diferensiasi Produk (X) berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) Smartphone iPhone pada komunitas iPhonesia di Kota Garut.