PENGARUH KONTRIBUSI PAJAK HOTEL DAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA BANDUNG SEBELUM DAN SESUDAH PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kontribusi Pajak Hotel dan Pajak Reklame terhadap PAD Kota Bandung Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kedua variabel tersebut terhadap PAD Kota Bandung Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini berupa Laporan Realisasi Anggaran PAD Kota Bandung. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria realisasi anggaran Pajak Hotel dan Pajak Reklame Kota Bandung yang periodenya berdekatan dengan sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 yaitu tahun 2018 hingga tahun 2021 atau sebanyak 48 bulan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan mengumpulkan data sekunder dari BKAD Kota Bandung dan teknik studi kepustakaan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi dari pajak hotel dan pajak reklame terhadap PAD Kota Bandung dikategorikan sangat kurang yaitu sebesar 9,77% dan 1,08%. Secara parsial Pajak Hotel berpengaruh terhadap PAD Kota Bandung, Pajak Reklame tidak berpengaruh terhadap PAD Kota Bandung dan Pandemi Covid-19 tidak berpengaruh terhadap PAD Kota Bandung