PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2018-2021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, berupa laporan keuangan yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Sampel penelitian ini terdiri dari 44 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi data panel, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas dengan tingkat singnifikansi 0.01 < 0.05. Sedangkan untuk ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan tingkat signifikansi 0.08 > 0.05. Hasil penelitian menemukan bahwa pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas dengan tingkat signifikansi 0.00 < 0.05.