PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-COMMERCE PT SHOPEE INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap minat penggunaan e-commerce Shopee. Adapun variabel independen dalam penelitian adalah persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan sedangkan untuk variabel dependen adalah minat penggunaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna e-commerce Shopee. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 50 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan program software SPSS ver 22. Hasil penelitian pada uji parsial menunjukkan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat penggunaan dan persepsi kemanfaatan tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan, serta hasil penelitian pada uji F menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat penggunaan.