View Item 
  •   STIE Ekuitas Home
  • Thesis - Strata 1 (S1)
  • Thesis of Management
  • Operation Management
  • View Item
  •   STIE Ekuitas Home
  • Thesis - Strata 1 (S1)
  • Thesis of Management
  • Operation Management
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS JASA PENGIRIMAN MELALUI PENERAPAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) DI DIVISI INCOMING PADA KANTOR POS PROCESSING CENTER BANDUNG (40400)

View/Open
Fulltext (2.020Mb)
Date
2023-03-29
Author
WIDYANINGSIH, INDRI
Metadata
Show full item record
Abstract
PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan jasa pengiriman tertua di Indonesia. Perusahaan ini memiliki beberapa sentral pengolahan pos yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Salah satunya di wilayah Bandung, yaitu Kantor Pos Processing Center Bandung (40400). Dalam proses pengelolaan barang dan surat yang dilakukan oleh Divisi Incoming masih terjadinya beberapa kesalahan. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui pengendalian kualitas (Quality Control), menerapkan metode Statistical Quality Control (SQC), dan untuk dapat mengetahui faktor – faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan barang dan kesalahan lain pada Divisi Incoming. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam proses pengolahan data menggunakan alat bantu lembar pemeriksaan, histogram, diagram pareto, control chart (P-Chart), dan diagram sebab – akibat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan dan kesalahan yang terjadi pada proses pengelolaan barang dan surat setiap bulannya. Ditemukannya kerusakan dan kesalahan yang melewati batas kendali atas dan batas kendali bawah. Central Line yang didapatkan sebesar 0,067. Keterlambatan kirim yang paling tinggi terjadi pada bulan Januari 2022 dan Juli 2022. Proporsi keterlambatan kirim pada bulan Januari sebesar 0,083, dan Juli sebesar 0,056. Jenis keterlambatan kirim yang sering terjadi, yaitu kesalahan salur yang disebabkan oleh kelalaian pekerja.
URI
http://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/1802
Collections
  • Operation Management

Copyright ©  Library of STIE Ekuitas
Jl. P.H.H Mustofa No.31 Bandung 40124 West Java Indonesia
Contact Us | Send Feedback
All rights reserved 2015 - @ TripleAlpha With DuraSpace
 

 

Browse

All of STIE EkuitasCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

Application

playstore


Copyright ©  Library of STIE Ekuitas
Jl. P.H.H Mustofa No.31 Bandung 40124 West Java Indonesia
Contact Us | Send Feedback
All rights reserved 2015 - @ TripleAlpha With DuraSpace