ANALISIS STRATEGI INSTAGRAM ADVERTISING TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN FACIAL WASH WARDAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KELURAHAN CIKUTRA)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan pasar dibidang kecantikan dan perawatan kulit yang semakin ketat sehingga sebuah perusahaan kosmetik dituntut untuk memiliki strategi yang jitu dalam mempertahankan pelangannya, mencari calon pelanggan baru yang tentunya meningkatkan volume penjualan. Salah satu nya dapat dengan cara melakukan bentuk promosi yaitu advertising. Penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh Instagram advertising, Brand Awareness dan Keputusan Pembelian facial wash Wardah di Bandung serta seberapa besar Instagram advertising, Brand Awareness dan Keputusan Pembelian facial wash Wardah di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Instrumen analisis statistik menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis jalur, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, dengan bantuan software SPSS versi 233 dan Lisrel 8.80. Hasilnya adalah Ho ditolak dan Ha diterima nilai nilai Fhitung sebesar 47,893 > Ftabel 3,089, artinya ada pengaruh antara Instagram advertising terhadap Keputusan Pembelian melalui variabel Brand Awareness sebagai variabel intervening. Keputusan Pembelian Konsumen termasuk dalam kategori “Baik”. Diperoleh Kontribusi sebesar 46,5% artinya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 46,5%. Promosi mempunyai pengaruh paling besar dalam Keputusan Pembelian Konsumen.