ANALISIS PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (STUDI KASUS PADA DIVERS COLLECTIVE)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan TikTok Sebagai Social Media Marketing, meneliti bagaimana Brand Awareness dan untuk meneliti bagaimana Pengaruh Pemanfaatan TikTok Sebagai Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness. Objek penelitian ini adalah Divers Collective. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini berukuran 100 orang yang merupakan pelanggan Divers Collective yang menggunakan TikTok. Rancangan untuk pengujian hipotesis yang digunakan meliputi analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis uji t. Secara analisis deskriptif variabel Pemanfaatan TikTok Sebagai Social Media Marketing didapatkan angka total 2944 dan masuk kategori baik. Sedangkan untuk variabel Brand Awareness total analisis deskriptif didapatkan sebesar 2582 dan masuk kategori baik. Untuk hasil persamaan regresi linear sederhana Y = 5,362 + 0,678X. Kemampuan dari TikTok Sebagai Social Media Marketing terhadap sebesar 57,9% sebagaimana ditunjukan oleh koefisien determinasi, sedangkan sisanya 42,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan uji hipotesis uji-t 8,861 menunjukan bahwa Pemanfaatan TikTok Sebagai Social Media Marketing berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian.