Social Media Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung Di Kopi Truk Bandung (Studi Pada Mahasiswa Stie Ekuitas Bandung)
Abstract
Yogi Gunawan - NPM : A10150281 ; Pembimbing : Dr. Ir. Dani Dagustani, MM. Tingginya pengguna media sosial membuat para produsen memanfaatkannya sebagai media promosi. Kegiatan promosi merupakan upaya mengenalkan produk kepada konsumen dengan tujuan untuk meraih pencapaian perspektif positif. Salah satu kedai kopi di kota Bandung melakukan strategi promosi dengan memanfaatkan media sosial. Pengenalan produk melalui media sosial merupakan sumber informasi yang dapat menarik keputusan berkunjung pada konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui social media marketing yang dilakukan salah satu kedai kopi di kota Bandung serta pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Adapun, responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Ekuitas Bandung dengan jumlah sampel 94 orang. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana, analisis koefisien determinasi dan uji t. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan alat pengujian statistik yaitu IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa social media marketing berada pada kategori “Baik” dengan total skor 1999, keputusan berkunjung berada pada kategori “Baik” dengan total skor 3049 dan secara parsial social media marketing berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Uji t menunjukkan t hitung > t tabel (4,130> 1,661) H0 ditolak, maka berdasarkan uji hipotesis dapat dinyatakan keabsahan (significant) atau hipotesis yang dikemukakan penulis yaitu “Terdapat Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Berkunjung”.