Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Brand Awareness Amdk Pdam Tirtawening Kota Bandung
Abstract
Derry Triyandi - NPM : A10150404 ; Pembimbing : Mutia Tri Satya, S. Sos., Msi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya persaingan bisnis pada industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). AMDK PDAM TIRTAWENING Kota Bandung adalah salah satu perusahaan yang bergerak di industri AMDK. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari Stategi Komunikasi Pemasaran (X) terhadap Brand Awareness (Y). Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif & verifikatif. Populasi dari penelitian ini sebanyak 100 responden dari 1.150. Teknik sampling yang dipilih adalah nonprobability sampling berdasarkan Accidental Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel Strategi Komunikasi Pemasaran (X) dengan proses Brand Awareness (Y) pada konsumen. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi (R) menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel Komunikasi Pemasaran Terpadu (X) terhadap variabel Kesadaran Merek (Y) adalah sebesar 0,433 Artinya, bahwa nilai R yang didapat sebesar 0,433 yang menunjukkan bahwa variabel independen terhadap variabel dependen mempunyai hubungan yang sedang. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan nilai koefisien Strategi Komunikasi Pemasasaran (Advertising, Direct Marketing, Sales Promotion, Personal Selling) 0,403 dengan nilai thitung sebesar 4,754 dan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan nilai ttabel untuk penelitian ini adalah 1,984. Maka dapat disimpulkan hipotesis yang menyatakan “ Strategi Komunikasi Pemasaran (Advertising, Direct Marketing, Sales Promotion, Personal Selling) berpengaruh positif terhadap Brand Awareness” adalah terbukti kebenarannya. Jadi Strategi Komunikasi Pemasaran berpengaruh Positif dengan kategori sedang terhadap Brand Awareness AMDK PDAM TIRTAWENING Kota Bandung.