Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Bank Bjb Kantor Cabang Majalengka Periode 2018
Abstract
Mita Septiani - NPM : A10150054 ; Pembimbing : Dr. H. Suwarman, Ir,. MBA, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan nasabah mengenai promosi, kualitas pelayanan dan minat menabung Bank bjb KC Majalengka dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dan Verifikatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 sebagai nasabah responden Bank bjb Kantor Cabang Majalengka. Pengumpulan datanya menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji t (parsial) dan uji F (simultan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial promosi berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung. Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung. Hasil secara simultan bahwa promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap terhadap minat menabung dengan koefisien korelasi sebesar 0,752 menunjukkan hubungan yang kuat. Koefisien determinasi sebesar 56,6% sedangkan sisanya 43,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.