Pengaruh Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Warunk Upnormal Jatinangor)
Abstract
Mutmainah Ningtyas Budiman - NPM : A10150224 ; Pembimbing : Mutia Tri Satya, S.Sos., M.Si. Bisnis kuliner seperti restoran dan cafe saat sini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat salah satunya di Jatinangor. Pertumbuhan jumlah restoran dan kafe di Jatinangor terus mengalami peningkatan, sehingga membuat persaingan menjadi kompetitif. Perlu adanya kualitas pelayanan yang baik dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lokasi, dan loyalitas pelanggan Warunk Upnormal Jatinangor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada Warunk Upnormal Jatinangor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Data yang dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan wawancara. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan konsumen Warunk Upnormal Jatinangor. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan dari koefisien determinasi dan total pengaruh menggunakan analisis regresi linier sederhana sebesar 27,1% artinya lokasi memiliki pengaruh besar sebesar 27,1% terhadap loyalitas pelanggan, sisanya sebesar 72,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, sedangkan uji hipotesis uji-t sebesar 6,029. Hasil analisis pengujian hipotesis adalah terdapat pengaruh positif antara lokasi terhadap loyalitas pelanggan.