Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Transportasi Roda Dua Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Serta Pengaruhnya Pada Loyalitas Pelanggan
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil kajian mengenai kinerja bauran
pemasaran jasa, keunggulan bersaing dan loyalitas pelanggan Go-jek dan Ojek pangkalan dan melakukan pengujian
model konseptual dan kajian pengaruh kinerja bauran pemasaran jasa, keunggulan Bersaing dan loyalitas Pelanggan
Go-jek dan Ojek Pangkalan di Bandung baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan data yang dikumpulkan,
maka objek penelitian pelanggan Go-jek dan Ojek pangkalan yang ada di kota Bandung.. Sampel diambil dengan
teknik Cluster random sampling dengan ukuran sampel sebesar 132 orang. Data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dengan cara pemberian kuesioner,
wawancara dan observasi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan metode survey
eksplanatori. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh baik secara simultan maupun parsial baik untuk
pelanggan Gojek maupun Ojek pangkalan.