Tinjauan Tentang Operasional Aplikasi DIGI Bank Pada Bank BJB Kantor Cabang Sukajadi Bandung
Abstract
Pradifa Indah Thalia - NPM : B00210010 ; Pembimbing : Mery Maulin, SH., M.Hum., Mkn. Kemajuan teknologi dalam melakukan transaksi saat ini telah menggantikan peran uang tunai ke bentuk transaksi non tunai yang lebih efisien. Bank bjb turut meluncurkan aplikasi yang bernama Digi by bank bjb sebagai alat transaksi non tunai multifungsi. Tujuan penelitian Tugas Akhir ini untuk memberikan gambaran tentang prosedur penggunaan aplikasi Digi by bank bjb, keuntungan yang didapat pengguna aplikasi, serta kendala yang dihadapi. Metode studi yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai rumusan masalah yang akan dijadikan objek studi. Sumber data yang diperoleh merupakan hasil dari wawancara dengan karyawan Divisi Relationship Of Consumer Bank bjb Kantor Cabang Sukajadi Bandung. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa prosedur penggunaan aplikasi Digi by bank bjb sangatlah fleksibel dan efisien. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang ada, seperti kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang aplikasi Digi by bank bjb, sering mengalami offline di waktu weekend, serta harus melakukan penggantian PIN Digi by bank bjb secara berkala per 3 (tiga) bulan sekali.