View Item 
  •   STIE Ekuitas Home
  • Final Assignment - Diploma 3 (D3)
  • Final Assignment of Finance and Banking
  • View Item
  •   STIE Ekuitas Home
  • Final Assignment - Diploma 3 (D3)
  • Final Assignment of Finance and Banking
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penilaian Kelayakan Calon Nasabah Dalam Pemberian Kredit Konsumtif KPR Pada Nasabah Bank BJB KCP Cibaduyut

Thumbnail
View/Open
ABSTRAK - B00220026.pdf (184.8Kb)
FULLTEXT-B00220026.pdf (3.901Mb)
Date
2025-08-15
Author
Silaban, Clarine Mona
Metadata
Show full item record
Abstract
Clarine Mona Silaban - NPM : B00220026 ; Pembimbing : Mery Maulin, SH., M.Hum., M.Kn. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan salah satu bentuk kredit konsumtif yang ditawarkan oleh perbankan untuk membantu masyarakat dalam memiliki hunian pribadi. Dalam pelaksanaannya, pemberian KPR mengandung risiko yang cukup tinggi apabila tidak didahului dengan penilaian kelayakan calon nasabah secara menyeluruh. Permasalahan yang sering timbul adalah kredit macet yang disebabkan oleh ketidakmampuan debitur dalam memenuhi kewajiban pembayaran cicilan. Oleh karena itu, penting bagi pihak bank untuk menerapkan sistem penilaian yang akurat dan komprehensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur penilaian kelayakan calon nasabah KPR diterapkan serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa bank bjb KCP Cibaduyut telah menerapkan proses penilaian yang sistematis dan menyeluruh, mencakup analisis terhadap pendapatan, riwayat kredit, stabilitas pekerjaan, dan rasio utang. Meskipun proses ini cukup efektif, terdapat beberapa kendala seperti ketidaklengkapan dokumen dan ketidakpastian pendapatan yang masih menjadi hambatan dalam penilaian. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa proses penilaian yang diterapkan sudah mampu meminimalisir risiko, namun masih memerlukan perbaikan. Oleh karena itu, disarankan agar bank terus menyempurnakan prosedur melalui pemanfaatan teknologi digital, peningkatan edukasi kepada nasabah, serta memperkuat kerja sama dengan lembaga keuangan lain guna meningkatkan efisiensi, akurasi, dan aksesibilitas dalam pemberian KPR.
URI
http://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/2352
Collections
  • Final Assignment of Finance and Banking

Copyright ©  Library of STIE Ekuitas
Jl. P.H.H Mustofa No.31 Bandung 40124 West Java Indonesia
Contact Us | Send Feedback
All rights reserved 2015 - @ TripleAlpha With DuraSpace
 

 

Browse

All of STIE EkuitasCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

Application

playstore


Copyright ©  Library of STIE Ekuitas
Jl. P.H.H Mustofa No.31 Bandung 40124 West Java Indonesia
Contact Us | Send Feedback
All rights reserved 2015 - @ TripleAlpha With DuraSpace