Pengaruh Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Cibeunying Periode 2018-2022)
Abstract
Iga Nambella Cipta - NPM : C10200122 ; Pembimbing : Faiz Said Bachmid, SE., M.Ak., Ak., CA., QWP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Account Representative terhadap kepatuhan WPOP di KPP Pratama Bandung Cibeunying. Dengan subjek penelitian Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Bandung Cibeunying. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana peran account representative berperan dalam mendorong atau menghambat kepatuhan perpajakan WPOP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan merupakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak di KPP Pratama Bandung Cibeunying sebanyak 178.301 wajib pajak. Sampel yang digunakan sebanyak 400 wajib pajak. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Account Representative memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan WPOP. Dengan tingkat signifikan yang didapat kurang dari 0,000 (< 0,05), menunjukkan bahwa hasil tersebut signifikan. Pengaruh dari peran account representative terhadap kepatuhan WPOP menunjukkan hasil thitung lebih besar dari ttabel (13,564 > 1,966). dan korelasi dari kedua variabel diperoleh hubungan yang kuat dan positif sebesar 0,31.Temuan ini memberikan pemahaman lebih dalam mengenai kontribusi peran Account Representative dalam meningkatkan tingkat kepatuhan wajib pajak terhadap kewajiban perpajakan WPOP di KPP Pratama Bandung Cibeunying.