Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Aqua Di Lingkungan Mahasiswa Stie Ekuitas Bandung
Abstract
Dalam kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat hal yang penting adalah mempertahankan pelanggan. Pada kondisi ini loyalitas konsumen dibutuhkan agar perusahaan mampu bertahan. Untuk itu kualitas produk dan citra merek memegang peranan penting dalam terciptanya loyalitas konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhapat loyalitas konsumen air minum dalam kemasan Aqua.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, peneliti mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner terhadap 95 responden yang merupakan mahasiswa STIE EKUITAS. Data yang didapat diolah secara manual maupun program komputer. Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis korelasi,determinasi,dan analisis jalur.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperoleh skor kualitas produk sebesar 2549 dan citra merek sebesar 1357 dengan kategori tinggi sedangkan loyalitas konsumen sebesar 1182 dengan kategori cukup. Hubungan kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas konsumen sebesar 40,123 yang cukup besar, hubungan kualitas produk terhadap loyalitas sebesar 2,168, hubungan citra merek terhadap loyalitas konsumen sebesar 8,697 yang berarti baik. FULLTEXT https://ponselharian.com/5uKL