Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Vaseline Hand & Body Lotion
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Pada Vaseline Hand & Body Lotion (Survey Di Griya Ujung Berung Bandung“. mengetahui loyalitas pelanggan Pada Vaseline Hand & Body Lotion (Survey Di Griya Ujung Berung Bandung“, mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Pada Vaseline Hand & Body Lotion (Survey Di Griya Ujung Berung Bandung“.
Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara kedua variabel di atas, penulis menyebarkan kuesioner kepada 87 orang responden. Kemudian hasil pernyataan responden dari kuesioner tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik dengan menggunakan alat bantu software SPSS 20 yaitu dengan Korelasi Rank Spearman, dan Koefisien Determinasi r.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden pada kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan masuk ke dalam kategori “baik”. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dimana uji-t diperoleh 3,859, lebih besar dari t-tabel sebesar 1,66. Persamaan regresi yang didapat adalah Y = 15,685 + 0,296 X, artinya terdapat hubungan yang searah antara kedua variabel. Adapun koefisien korelasi sebesar 0,386, namun hubungan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan yaitu “rendah”, lalu pengaruh variabel kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 15%.
Penulis mengajukan saran agar harus lebih memperhatikan meningkatkan keberadaan pelayanan (availability of service), meningkatkan strategi dalam melakukan pembelian berulang secara teratur dan menunjukkan kekebalan terhadap tarikan pesaing. FULTEXT https://ponselharian.com/IGl0JbpHVt