Analisis Sistem Antrian Untuk Optimasi Layanan Loket Pendaftaran Pada Rumah Sakit Cicendo Bandung
Abstract
Antrian merupakan kegiatan menunggu giliran untuk dilayani. Kegiatan ini timbul karena jumlah fasilitas pelayanan jasa lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah orang yang memerlukan pelayanan yang bersangkutan. Dalam suatu antrian, fenomena menunggu merupakan akibat dari kedatangan pelanggan dan waktu pelayanan yang tidak seimbang. Penggunaan model antrian dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan jumlah loket yang optimal pada loket pendaftaran di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung supaya masalah antrian dapat dikurangi pada saat ramai dan mengurangi waktu menganggur pada loket pendaftaran sehingga pihak Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung dapat memberikan kinerja yang optimal dalam pelayanan.
Dalam penelitian ini digunakan analisis sistem antrian jalur berganda atau (M/M/C). Proses perhitungan dengan menggunakan manual. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja sistem antrian yang saat ini diaplikasikan pada loket pendaftaran Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung.
Berdasarkan hasil penelitian, model yang terjadi adalah M/M/C (multiple channel queuing system) dimana jumlah loket yang ada saat ini sudah tidak mampu secara optimal memberikan pelayanan kepada konsumen, terbukti dengan tingginya antrian dan lamanya waktu menunggu. Disarankan pada jam tertentu terutama pada waktu pagi untuk mampu membuka loket pendaftaran dengan jumlah yang lebih banyak, sehingga dapat mengurangi jumlah antrian dan lamanya waktu menunggu. FULLTEXT https://ponselharian.com/dt5Ju01WZv