Pencatatan Keuangan Sederhana Dan Strategi Pemasaran Pada Bisnis Konveksi
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bersifat penyuluhan untuk meningkatkan pemahaman tentang pencatatan keuangan sederhana dan pemahaman mengenai beberapa strategi pemasaran atau promosi yang belum dilakukan oleh mitra sebelumnya. Pengabdian dilatarbelakangi oleh kondisi salah satu UKMdi Kota Bandung yang bergerak pada bidang konveksi yang mengalami kemunduran terutama setelah terjadinya krisis tahun 1997-1998. Permasalahan yang muncul terkait dengan kurang rapihnya pencatatan keuangan dan sistem pemasaran yang masih konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, strategi yang ditawarkan adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan pencatatan keuangan sederhana dan mencoba strategi pemasaran berbasis teknologi dengan tetap mempertahankan strategi pemasaran yang sudah ada. Dengan pemahaman ini diharapkan mitra dapat meningkatkan omset dari order sepanjang waktu (bukan order musiman). Output dari pengabdian pada masyarakat ini dalam bentuk modul pelatihan pencatatan keuangan sederhana, merk, logo, spanduk, brosur, kartu nama serta pembuatan blog.Penyuluhandalam bentuk pelatihan pencatatan keuangan sederhana dilengkapi dengan modul sebagai pedoman serta penyusunan strategi pemasaran dalam bentuk pembuatan merk dan logo, spanduk, brosur, kartu nama, serta pembuatan blog. Dengan adanya program pengabdian ini, maka segala bentuk masukan, yaitu metode pencatatan keuangan sederhana dan informasi tentang strategi pemasaran yang diberikan dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha konveksi ini untuk mengembangkan usahanya.