Marketing Public Relations Terhadap Keputusan Berkunjung Ulang Pada Pantai Pangandaran Kabupaten Pangandaran
Abstract
Pantai Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang menjadi taman nasional dan tempat peninggalan sejarah yang berlokasi di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran. Saat ini wisatawan tidak hanya tertarik berkunjung ke tempat wisata, seperti wisata kuliner, wisata budaya, dan wisata rekreasi, akan tetapi wisatawan juga tertarik berkunjung ke tempat wisata alam. Namun tidak semua wisatawan senang berkunjung ke tempat wisata alam seperti Pantai Pangandaran. Hal ini ditunjukan berdasarkan data pengunjung Pantai Pangandaran dari tahun 2013-2017 kunjungan wisatawan yang tidak pernah mencapai target yang diinginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Marketing Public Relations terhadap Keputusan Berkunjung Ulang pada Pantai Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Data yang dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan wisatawan Pantai Pangandaran. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan alat bantu software komputer SPSS 23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan dari koefisien determinasi dan total pengaruh menggunakan analisis regresi linier sederhana sebesar 13,6%, artinya Marketing Public Relations memiliki pengaruh sebesar 13,6% terhadap keputusan berkunjung ulang, sisanya sebesar 86,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, sedangkan uji hipotesis uji-t sebesar 3,927. Hasil analisis pengujian hipotesis adalah terdapat pengaruh positif antara Marketing Public Relations terhadap Keputusan Berkunjung Ulang. FULLTEXT https://ponselharian.com/C1rtTS