Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Distro Frontlight Kota Bandung
Abstract
Adi Hikmat Munajat - NPM : A10140236 ;
Pembimbing : Dr. Dani Dagustani., Ir., MM.
Kota Bandung dikenal sebagai sentral bidang-bidang perekonomian kreatif di Indonesia. Kota yang dikenal dengan wisata belanjanya, dengan menjamurnya distro atau outlet perbelanjaan merupakan salah satu wisata unggulan yang ditawarkan oleh Kota Bandung, tidak heran apabila wisatawan menjuluki Bandung sebagai kota Paris van Java. Salah satu distro yang terdapat di Kota Bandung yaitu Frontlight, merupakan salah satu distro (distribution outlet), clothing yang memproduksi t-shirt, tas, kemeja, jacket, aksesoris, topi dan pilihan produk lainnya. Berkembangnya industri dalam bidang outlet berdampak pada penjualan Frontlight yang menurun. Hal ini ditunjukan berdasarkan data penjualan 2016-2017 mengalami penurunan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian pada distro Frontlight. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Data yang dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan wawancara. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan pengunjung distro Frontlight. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan dari koefisien determinasi dan total pengaruh menggunakan analisis regresi linier sederhana sebesar 35,2%, artinya Desain Produk memiliki pengaruh sebesar 35,2%, terhadap keputusan pembelian, sisanya sebesar 64.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, sedangkan uji hipotesis uji-t sebesar 4,050. Hasil analisis pengujian hipotesis adalah terdapat pengaruh positif antara Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. FULLTEXT https://ponselharian.com/XTv