Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2013.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2013. Total sampel penelitian ini adalah 25 perusahaan manufaktur yang ditentukan melalui purposive sampling. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder dari laporan tahunan perusahaan. Analisis pengungkapan CSR pada laporan tahunan perusahaan dengan menggunakan corporate social responsibility disclosure index menurut standar global reporting initiatives (GRI) yang terdiri 79 item. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, pengujian hipotesis, dan metode analisis regrensi berganda.
Hasil penelitian ini profitabilitas (ROE) berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Dan leverage (DER) berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Hubungan profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan koefisien determinasi atau nilai Kd sebesar 0.214. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa profitabilias dan leverage berpengaruh dalam pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI adalah sebesar 21.4% dan sisanya 78.6% dipengaruhi variabel lain. FULLTEXT
https://semawur.com/rCBjai