Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017
Abstract
Silvi Ayu Kurniawati - NPM : A10150171 ;
Di bawah bimbingan : Mirza Hedismarlina Yuneline, ST., MBA., QWP.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sub sektor perkebunan periode 2013-2017 serta untuk mengetahui perkembangan Ukuran Perusahaan, Leverage dan Nilai Perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan publikasi perusahaan sub sektor perkebunan, periode 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 16 perusahaan sub sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa efek Indonesia periode 2013-2017. Teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling. Dengan jumlah sampel berjumlah 6 perusahaan sub sektor perkebunan. Instrumen analisis statistik menggunakan uji analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Leverage tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara simultan Ukuran Perusahaan dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dengan koefisien korelasi 0,531 menunjukkan hubungan yang sedang. Ukuran Perusahaan dan Leverage mempengaruhi Nilai Perusahaan dengan kontribusi sebesar 28,2% sedangkan sisanya sebesar 71,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. FULLTEXT https://ponselharian.com/NtU4
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei Periode 2016-2018)
Kurniasari, Jeinab (STIE Ekuitas, 2022-09-01)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan manufaktur dengan profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating, baik secara simultan maupun parsial. ... -
Pengaruh Keputusan Pendanaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013-2017
Rezalestari, Fitri (STIE Ekuitas, 6/22/2019)Fitri Rezalestari - NPM : A10150028 ; Di bawah bimbingan : Dr. Dito Rinaldo, SE., MM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keputusan Pendanaan (Debt to Equity Ratio) dan Pertumbuhan Perusahaan (Total ... -
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN DI PERUSAHAAN BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2019-2021
RAHMADHINI, SYAFARA (STIE Ekuitas, 2023-03-16)Kinerja perusahaan mengacu pada keadaan keuangan perusahaan serta keuntungannya, yang menunjukkan prestasi kerja dalam jangka waktu tersebut, atau mungkin lebih lambat, yang dapat digunakan sebagai meningkatkan kinerja ...