Show simple item record

dc.contributor.authorFadillah, Hafizh Naufal
dc.date.accessioned2025-10-23T03:18:43Z
dc.date.available2025-10-23T03:18:43Z
dc.date.issued2025-10-23
dc.identifier.urihttp://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/2426
dc.descriptionDalam era modern, berbagai risiko seperti kecelakaan, bencana alam, dan pencurian mendorong masyarakat untuk mencari perlindungan melalui asuransi. Seiring dengan pertumbuhan sektor otomotif, kebutuhan akan asuransi kendaraan meningkat pesat. Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang belum memahami prosedur pencairan klaim, yang sering memicu keluhan. Pemahaman mengenai hak dan kewajiban dalam perjanjian asuransi sangat penting agar proses klaim berjalan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pencairan klaim asuransi kendaraan di PT. China Taiping Insurance Cabang Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian difokuskan pada prosedur klaim, hambatan yang dihadapi nasabah, serta solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur klaim meliputi pelaporan, pengumpulan bukti, penyelidikan, dan penyelesaian, melalui sistem jaminan langsung dan reimbursment. Hambatan utama meliputi dokumen tidak lengkap, masalah polis, dan keterbatasan bengkel rekanan. Solusi yang diusulkan mencakup edukasi nasabah, digitalisasi proses klaim, dan perluasan jaringan bengkel. Prosedur telah sesuai standar, namun perlu perbaikan agar lebih efisien dan transparan.en_US
dc.description.abstractHafizh Naufal Fadillah - NPM : B00220015 ; Pembimbing : Mery Maulin, SH., M.Hum., M.Kn. Dalam era modern, berbagai risiko seperti kecelakaan, bencana alam, dan pencurian mendorong masyarakat untuk mencari perlindungan melalui asuransi. Seiring dengan pertumbuhan sektor otomotif, kebutuhan akan asuransi kendaraan meningkat pesat. Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang belum memahami prosedur pencairan klaim, yang sering memicu keluhan. Pemahaman mengenai hak dan kewajiban dalam perjanjian asuransi sangat penting agar proses klaim berjalan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pencairan klaim asuransi kendaraan di PT. China Taiping Insurance Cabang Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian difokuskan pada prosedur klaim, hambatan yang dihadapi nasabah, serta solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur klaim meliputi pelaporan, pengumpulan bukti, penyelidikan, dan penyelesaian, melalui sistem jaminan langsung dan reimbursment. Hambatan utama meliputi dokumen tidak lengkap, masalah polis, dan keterbatasan bengkel rekanan. Solusi yang diusulkan mencakup edukasi nasabah, digitalisasi proses klaim, dan perluasan jaringan bengkel. Prosedur telah sesuai standar, namun perlu perbaikan agar lebih efisien dan transparan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherSTIE Ekuitasen_US
dc.relation.ispartofseriesTKP;01302
dc.subjectAsuransi Kendaraan Bermotoren_US
dc.subjectKlaim Asuransien_US
dc.subjectProsedur Klaimen_US
dc.subjectHambatan Klaimen_US
dc.subjectSolusi Pelayanan Klaimen_US
dc.titleStudi Mengenai Proses Pencairan Klaim Asuransi Kendaraan Pada PT. China Taiping Insurance Kantor Cabang Bandungen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0421037603
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI61406#Keuangan dan Perbankan D3
dc.identifier.nimNIMB00220015


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record